INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Asas Dan Sarana Hubungan Internasional

Kali ini kita akan membahas perihal Asas dan Sarana Hubungan Internasional secara lengkap supaya sanggup dengan gampang dipahami dan dipelajari oleh teman-teman, Apa asas-asas dalam hubungan internasional dan apa saja sarana-sarana hubungan internasional? nah silahkan simak klarifikasi dibawah ini dengan baik.

Kali ini kita akan membahas perihal Asas dan Sarana Hubungan Internasional secara lengkap  Asas dan Sarana Hubungan Internasional

Asas-Asas dalam Hubungan Internasional

Dalam menjalin hubungan internasional terdapat beberapa asas yang harus ditaati yaitu sebagai berikut.

a. Asas Teritorial

Asas teritorial ialah hak dari suatu negara atas wilayahnya, berhak menegakkan aturan terhadap barang dan semua orang yang berada di wilayahnya.

b. Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan ialah kekuasaan negara atas warga negaranya, setiap warga negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan aturan dari negaranya. Asas ini mempunyai kekuatan eksteritorial yaitu aturan negara tersebut tetap berlaku bagi warga negaranya walaupun berada di negara asing.

c. Asas Kepentingan Umum

Asas kepentingan umum yaitu negara sanggup melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat. Negara sanggup mengikuti keadaan dengan semua insiden yang ada hubungannya dengan kepentingan umum. Hukum tidak terbatas oleh wilayah suatu negara.


Sarana-sarana Hubungan Internasional

Dalam aktivitas hubungan internasional diharapkan beberapa sarana untuk menyebabkan proses hubungan internasional berlangsung secara efisien dan efektif. Menurut J. Fradhel, beberapa sarana yang sanggup dipakai oleh negara-negara di dunia ialah sebagai berikut.

a. Diplomasi

Diplomasi merupakan segala bentuk aktivitas untuk memilih tujuan dengan memakai kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut, menyesuaikan kepentingan nasional dengan negara lain, menyelaraskan tujuan nasional dengan negara lain, serta memakai saran dan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

b. Propaganda

Pengertian propaganda ialah perjuangan sistematis yang dipakai untuk memengaruhi pikiran. emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum, bukan kepada pemerintahannya. Informasi apapun sanggup dijadikan materi propaganda, tanpa adanya batas media.

c. Ekonomi, sosial, dan budaya

Secara ekonomi dipakai oleh perwakilan diplomatik secara luas, baik di masa tenang maupun di masa perang. Dalam masa tenang bisa dalam bentuk perdagangan atau derma internasional. Dalam masa perang bisa dalam bentuk tindakan blokade ekonomi. Bidang sosial budaya pun sanggup mendukung bidang ekonomi sekaligus sarana untuk mempererat hubungan internasional.

d. Kekuatan militer

Sarana ini bisa memperlihatkan kepercayaan diri suatu negara untuk menghadapi banyak sekali tekanan dan bahaya yang mungkin dilancarkan oleh negara lain. Secara umum sarana-saran hubungan internasional dibagi menjadi sebagai berikut. 

(1). Sarana formal yaitu kementerian luar negeri, perwakilan diplomatik, dan perwakilan konsuler.

(2). Sarana informal yaitu alat komunikasi canggih, pertandingan olahraga internasional, dan sarana isu lainnya.


Demikian pembahasantentang Asas dan Sarana Hubungan Internasional, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang dan bisa membantu teman-teman belajar. 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel